Installing LAMPP on Linux

LAMPP (Linux Apache MySQL PHP Perl) adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk menjadikan komputer atau laptop yang Anda gunakan sebagai web server secara offline, kalau di windows namanya XAMPP. Kita akan menginstall aplikasi ini di /opt/lampp

Setelah semua kebutuhan software terinstall di komp, saatnya menginstall web development alias program untuk menjalankan dan membuat website. program pertama yang harus diinstall adalah webserver. untuk webserver saya menggunakan lampp (xampp klo di miekocok windows). Awalnya agak bingung untuk install lampp tp setelah googling sana sini dapat deh.

Ini yang saya lakukan untuk menginstall lampp.

  1. Download Lampp dari situs resminya di http://www.apachefriends.org/en/xampp-linux.html
  2. Buka terminal dan ekstrak file download tadi, tempatkan ke folder yang kita inginkan, saya extrak di /opt/ dengan mengetikan sudo tar xvfz xampp-linux-1.7.3a.tar.gz -C /opt
  3. Ubah hak akses pada folder httdoc dengan cara mengetikan chmod -R 777 /opt/lampp/htdocs dari terminal, ini saya lakukan supaya saya bisa memindahkan folder web yg saya buat ke sini.
  4. Edit sedikit konfigurasi Lampp supaya bisa menjalankan mod_rewrite
  5. Coba jalankan Lampp dengan mengetik sudo /opt/lampp/lampp start, dan di terminal ada tulisan yang menandakan kalau lampp sudah berjalan
  6. Starting XAMPP for Linux 1.7.3a...
    XAMPP: Starting Apache with SSL (and PHP5)...
    XAMPP: Starting MySQL...
    XAMPP: Starting ProFTPD...
    XAMPP for Linux started.

  7. Tes browser dengan mengetikan alamat localhost di address bar, dan…..saya berhasil, web yang saya buat tampil dan berfungsi layaknya web dihosting

2 pemikiran pada “Installing LAMPP on Linux

Tinggalkan Balasan

