Mengetahui ukuran folder /file di ubuntu server (linux)

Untuk mengetahui ukuran folder, kita bisa menggunakan perintah : “du”

Untuk mengetahui option2 apa saja yang tersedia, kita bisa menggunakan ”$du –help”

Berikut ini adalah sebagian contoh-contoh penggunaan perintah “du” :

– $du -hs /nama/folder

ini untuk mengetahui total size folder dalam bentuk summary.

Contoh result :

$du -hs ./htdocs

234M htdocs

– $du -h /nama/folder
Perintah ini akan melist size tiap subdirectory
– $ du -hc
Perintah ini akan melist size tiap sub folder, dengan jumlah total directory size di akhir line outputnya.
Untuk option-option perintah lainnya, bisa di coba dengan melihat help nya .

2 pemikiran pada “Mengetahui ukuran folder /file di ubuntu server (linux)

  1. I am curious to find out what blog system you’re utilizing? I’m having some small
    security issues with my latest blog and I’d like to find something more safeguarded. Do you have any recommendations?

  2. I’m still learning from you, but I’m trying to reach my
    goals. I certainly liked reading all that is written on your site.
    Keep the information coming. I enjoyed it!

Tinggalkan Balasan

